DINAS
PENDIDIKAN
SD N 07 KOTO
BARU
KECAMATAN
PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR
|
![]() |

Nomor :
Lamp :
Hal : mohon bantuan
|
Koto baru,...... desember 2014
Kepada yth,
Bapak/ibu.......................................
di....................................................
|
Dengan hormat,
Terlebih dahulu do’a dan harapan
kami semoga Bapak/Ibu berda dalam keadaan sehat dan selalu sukses serta lancar
dalam aktivitas sehari-hari. Amin
Peraturan pemerintah No.32 Tahun
2013 tentang standar nasional pendidikan (refisi PP.No.19 th.2005)mengamanatkan
adanya 8 (delapan) standar nasional pendidikan yang wajib dipenuhi oleh
praktisi pendidikan. Salah satu standar sarana prasarana yang perlu mendapat
perhatian adalah keberadaan “pusat sumber belajar”. Pusat sumber belajar yang
akan dijadikan sebagai unit pendukung proses pembelajaran ternyata belum
disosialisasikan secara baik kepada para pelaksana pendidikan disekolah.
Kondisi tersebut tentunya akan mempengaruhi keberhasilan pemerintah dalam hal
ini kementrian pendidikan dan kebudayaan dalam implementasi kurikulum 2013.
Implementasi kurikulum 2013 dilaksanakan menggunakan pendekatan saintifik
dengan 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan. Tentunya sulit melaksanakan pembelajaran 5 M tersebu, jika
tidak didukung sarana-prasarana yang memadai. Keberadaan pusat sumber belajar
disekolah sangat dibutuhkan agar pendekatan saintifik bisa terlaksana dengan
baik, penerapan model-model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum
2013 dapat berjalan sesuai dengan harapan. Untuk menciptakan hal tersebut salah
satu solusi atau cara yang dilakukan disekolah dalah dengan melengkapi sarana
belajar siswa dengan pusat sumber belajar. Pusat sumber belajar (PSB) merupakan
salah satu sarana yang menyediakan berbagai pasilitas belajar bagi peserta
didik untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuaanya. Maka dari itu di
lingkungan Sekolah Dasar Negeri 07 koto baru akan dibangun pusat sumber belajar
yang membutuhkan biaya + Rp 121.852.000,-
(seratus dua puluh satu juta delapan
ratus lima puluh dua ribu rupiah).
Untuk itu kami mohon bantuan partisipasi Bapak/Ibu untuk kelancaran pembangunan
pusat sumber belajar dilingkungan sekolah dasar negeri 07 koto baru.
Demikianlah proposal pembangunan ini kami buat, dengan harapan dapat terlaksana secapatnya, dan terima ksih atas bantuan yang bapak/ibu berikan semoga dibalas oleh tuhan yang kuasa sesui dengan amal perbuatan yang diberikan.
Mengetahui,
Kepala sekolah
SD N 07 Koto baru
Suhartini, A.Ma.Pd
Nip. 19641102
198510 2 003
|
Kotobaru,
......Desember 2014
Pelaksa
kegiatan,
|
Menyetujui;
Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten Tanah Datar
Indra kesuma
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pembangunan Nasional pada hakikatnya merupakan pembangunan manusia
seutuhnya dan pembangunan seluruhnya masyarakat Indonesia dalam segala aspek
kehidupan, baik yang bersifat material maupun bersifat spiritual. Untuk itu,
maka pelaksanaan pembangunan menuntut keterlibatan semua pihak, yaitu
pemerintah dan masyarakat baik secara kelembagaan maupun perorangan.
Unsur lain yang tak kalah pentingnya dalam pelaksanaan pembangunan ini,
selain keterlibatan semua pihak juga peningkatan potensi sumber daya manusia.
Karena pada dasarnya menyiapkan sumber daya manusia berkaitan erat dengan
peningkatan pengetahuan, sikap, mental dan keterampilan, sehingga pada saatnya
dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan, baik sebagai pelaku maupun
sebagai sasaran (objek).
Pendidikan nasioanal sebagai salah satu sektor pembangunan nasional dalam
upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mempunyai visi terujudnya sistem
pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan beribawa untuk memberdayakan
semua warga negara indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas
sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan
zaman yang selalu berubah. Makna dari manusia yang berkualitas, menurut
undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, yaitu
manusia terdidik yang beriman dan
bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berahklak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Oleh karena itu, pendidikan nasional harus berfungsi secara obtimal sebagai
wahana utama dalam pembangunan bangsa dan karakter. Penyelenggara pendidikan
sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang
sistem pendidikan nasional diharapkan dapat meujudkan proses berkembangan
kualitas pribadi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa dimasa depan,
yang diyakini akan menjadi faktor determinan bagi tumbuh kembangnya bangsa dan
negara indonesia sepanjang zaman (kemdikbud, 2012).
Jika perhatikan Pendidikan
sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar
bisa menjawab tantangan kehidupan.Untuk memperoleh pendidikan, banyak cara yang
dapat kita capai. Diantaranya melalui pusat sumber belajar. Karena dipusat
sumber belajar berbagai sumber informasi
bisa kita peroleh, selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat kita peroleh
melalui pusat sumber belajar. Ketika kita mendengar kata pusat sumber belajar,
dalam benak kita langsung terbayang sederetan buku-buku yang tersusun rapi di
dalam rak sebuah ruangan. Pendapat ini kelihatannya benar, tetapi kalau kita
mau memperhatikan lebih lanjut, hal itu belumlah lengkap. Dua unsur utama dalam
pusat sumber belajar, yaitu buku dan ruangan. Namun, di zaman sekarang, koleksi
sebuah pusat sumber belajar tidak hanya terbatas berupa buku-buku, tetapi
bisa berupa film, slide, atau media
lainnya, yang dapat diterima di pusat sumber belajar sebagai sumber informasi.
Kemudian semua sumber informasi itu diorganisir, disusun teratur, sehingga
ketika kita membutuhkan suatu informasi, kita dengan mudah dapat menemukannya.
Darmansyah,
(2013 : 4) mengatakan bahwa pusat sumber belajar merupakan suatu lembaga atau
instusi yang didirikan dalam lingkungan sekolah, perguruan tinggi dan
masyarakat yang menyediakan fasilitas pengembangan sistem pembelajaran,
pengembangan multimedia pembelajaran dan pelayanan kebutuhan sumber belajar
yang berbentuk konsultasi, pelatihan, dan produksi untuk mendukung
terlaksananya pembelajaran yang efektif dan efesien, mendorong terjadinya
individualisasi pembelajaran serta mendukung penyediaan sumber belajar yang
sesui dengan gaya belajar peserta didik.
Berdasarkan
penjelasan diatas, maka tinjauan yang terlihat dan kenyataan yang terjadi
disekolah-sekolah khususnya dilingkungan pendidikan sekolah dasar negeri 07
koto baru kecamatan pariangan kabupaten tanah datar sejak mulai berdiri sampai
tahun ajaran 2014/2015 saat ini sungguh memprihatinkan. Karena dengan jumlah
siswa yang + 120 orang siswa, dengan 6 orang guru kelas, 1 orang guru
agama, 1 orang guru penjas, 1 orang operator dan 1 orang kepala sekolah. Yang
mana dilingkungan sekolah tersebut ruang perpustakaan yang dimanfaatkan oleh
siswa atau peserta didik untuk menambah pengetahuan yang besarnya 5 x 5 meter,
itupun disatukan dengan labor, sehingga menimbulkan efek yang kuranng nyaman
bagi siswa untuk belajar dan juga perlu waspada terhadap alat-alat praktek yang
disimpan dilabor.
Maka dari itu,
perlu kiranya dibangun perpustakaan atau pusat sumber belajar di lingkungan
sekolah dasar negeri 07 koto baru yang nantinya siswa lebih nyaman dan tenang
dalam meningkatkan pengetahuannya. Sehingga dengan hal ini, sangat dibutuhkan
sekali dukungan baik, dari segi guru, orang tua, masyarakat, dan dinas pendidikan
kabupaten tanah datar untuk membangun pusat sumber belajar.
B.
TUJUAN
Tujuan pusat sumber belajar didirikan
dilingkungan Sekolah Dasar Negeri 07 koto baru adalah untuk:
1. Untuk
melengkapi sarana dan prasarana belajar siswa
2. Untuk
pengembang sistem pembelajaran siswa
3. Untuk
pelayanan dan pengembangan multi belajar siswa
4. Untuk
meningkatkan kenerja kepala sekolah dan pendidik perkembangan pengetahuan siswa
kedapannya.
5. Untuk
menyiapkan kemampuan belajar siswa yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013
C.
MANFAAT
PSB
Adapun manfaat
dari pusat sumber belajar adalah:
1. Dapat
memberikan bantuan dan fasilitas belajar bagi siswa
2. Dapat
mengembangkan sistem pembelajaran yang baik bagi siswa dalam belajar
3. Tersedianya
parasaran dan sarana belajar yang lengakap bagi siswa dalam meningkatkan
pengetahuan belajar.
4. Siswa
dapat belajar dengan baik yang sesuai dengan tuntutan kurukulum 2013 saat ini.
5. Dapat
melayani siswa dalam belajar yang lebih baik.
D.
SASARAN
Sasaran pusat
sumber belajar di lingkungan sekolah dasar negeri 07 koto baru adalah:
1. Secara
khusus Utuk proses belajar siswa/i sd n 07 kotobaru
2. Sacara
umum untuk masyarakat dan pemerintah nagari, kecamatan dan kabupatan tanah
datar
BAB II
LANDASAN PENDIRIAN PSB
A.
Landasan Filosofis
Peserta didik atau siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda dan
gaya belajar yang berbeda. Maka sekolah haraus mampu menyiapkan suatu pelayanan
yang bisa memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Salah satu cara yang
dilangkukan sekolah adalah melengkapi sarana dan prasarana belajar siswa yaitu
dengan mendirikan pusat sumber belajar.
Daramansyah (2013: 49) menjelaskan bahwa cara belajar yang berbeda sulit
dilakukan melalui pembelajaran tradisional klasikal. Oleh karena itu, harus ada
upaya untuk melayani kebutuhan belajar yang berbeda tersebut dengan menyediakan
sumber dan tempat belajar selain klas tradisional yaitu pusat sumber belajar.
B.
Landasan Psikologis
pelayanan yang berbeda terhadap kecendrungan psikologis peserta didik
yang berbeda dapat dilakukan pemenfaatkan pusat sumber belajar. Penyediaan
berbagai sumber belajar dalam berbagai bentuk, model dan jenis pusat sumber
belajar memungkinkan peserta didik dapat belajar sesuai dengan kecendrungan
psikologis yang dimiliki. Puasat sumber belajar yang dirancang dengan baik dan
mempertimbangkan peserta didik, akan membantu peserta didik memenuhi kebutuhan
belajar yang berbeda. Karena pusat sumber belajar yang dilengkapi dengan
berbagai fasilitas yang mendorong peserta didik yang berintekrasi dengan sumber
belajar secara lebih baik dan pada gilirannya akan meningkatkan efektifitas dan
efesiensi belajar. Dengan penyedian sumber belajar yang berkualitas di pusat sumber
belajar dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk belajar lebih
baik. Pusat sumber belajar yang dilengkapai dengan suasana yang berbeda akan
mampu menarik minat belajar peserta
didik.
C.
Landasan Teknologis
Dengan pertumbahan dan perkembangan teknologi baik informasi dan
komunikasi yang sangat pesat dan maju pada saat ini memberikan dampak yang
signifikan terhadap dunia pendidikan. darmansyah (2013: 53) menjelaskan bahwa,
teknologi pembelajaran merupakan proses kompleks yang terpadu yang melibatkan
orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah,
mencari cara pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan
masalah-masalah dalam situasi dimana kegiatan belajar mempunyai tujuan dan
terkontrol.
Puast sumber belajar berupaya menghadirkan berbagai bentuk dan jenis
sumber belajar bagi peserta didik dan pendidik. Maka landasan teknologi sangat
diperlukan untuk memecahkan persoalan belajar peserta didik agar dapat belajar
dengan mudah dan mencapai hasil secara obtimal. Pusat sumber belajar memberikan
kemudahan bagi peserta didik dalam mengakses informasi dan sumber belajar.
D.
Landasan Normatif
Sesuai dengan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas pasal 1
ayat 1 yang menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
meujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Suasana belajar yang dimaksud diatas adalah suasana yang memungkinkan
peserta didik dapat belajar dengan penuh motivasi, mendorong keinginantahuan
peserta didik, melaksanakan berbagai kegiiatan yang membentuk penemuan yang
didukung dengan fasilitas yang memadai. Untukitu, pendidik memiliki peran
sentral dalam proses pembelajaran. Yang diperlukan dari peserta didik adalah
mempunyai peran dalam memberikan motivasi, arahan, bimbingan, konseling, dan
kemudahan (fasilitas) bagi berlangsungnya proses belajar dan pembelajaran.
BAB
III
DESAIN
PSB
A.
Tipe PSB
Model atau tipe puasat sumber belajar yang
didirikan dilingkungan sekolah dasar negeri 07 kotobaru kecamatan paringan
kabupaten tanah datar adalah tipe- B. Karena tipe-B bentuknya msih sedrhana dan
penanggung jawab masih dibawah tanggung jawab kepala sekolah.
B.
Unit kegiatan PSB
Unit
kegiatan puasat sumber belajar dengan tipe-B ini adalah sebagai pelayanan dan
pengembang media pembelajaran.
C.
Jenis dan fungsi kegiatan PSB
Jenis dan
fungsi pusat sumber belajar ini adalah jenis masih dibawah tanggung jawab
kepala sekolah, dan dapat difungsikan nantinya oleh sekolah maupun masyarakat
sekitar untuk pengembangan pengetahaun dan memanfaatkan mediaa yang tersedia
pada pusat sumber belajar yang ada.
D.
Desain fisik
Pada pusat sumber belajar ini yang tipenya masih
sedrhana, maka desain atau bentuk rancangan bangunannya adalah:

Bentuk dalam ruangan:

BAB
IV
RANCANGAN
KEGIATAN
A.
Rencana kerja
Pelaksanaan
pembenagunan pusat sumber belajar di lingkungan sekolah dasar negeri 07
kotobaru kecamatan pariangan kabupaten tanah datar mengingat karena telah
berjalannya kurikulum 2013 dan fasilitas sarana dan prasarana yang belum
lengkap terutama ruang psb belum tersedia. Maka pembangunan PSB direncanakan
pada hari senin, 22 desember 2014.
B.
Pelayanan kebutuhan
Pelayanan yang diberikan kepada siswa nantinya
adalah berupa:
1. Tempat dan ruang yang nyaman dalam belajar.
2. Menyediakan tempat yang kondisif untuk siswa
menyelasaikan tugas belajar
3. Menyedikan ruangan tempat berdiskusi yang nyaman.
4. Menyediakan bahan ajar yang bervariasi sepeti bahan
cetak, audio, vidio, grafis, dan internet/wifi.
C.
Prinsip manajemen
Prinsip manajemen yang diterapkan adalah:
1. Memberikan informasi belajar yang baik kepada siswa
2. Melayani siswa tentang kebutuhan pengetahuan
3. Mengembangkan pengetahuan belajar siswa dengan baik.
4. Merancang sistem pembelajaran yang bervariasi.
BAB
V
RANCANA
TENAGA PELAKSANA DAN PESERTA
Dalam pelaksanaan pembangunan pusat sumber belajar dilingkungan sekolah
dasar negeri 07 koto baru. Maka tenaga pelaksananya adalah:
Penanggung Jawab
|
:
|
Kepala Sekolah
|
Ketua
|
:
|
Syafriyon
|
Sekretaris
|
:
|
M.Taufiq
|
Bendahara
|
:
|
Yasmi
|
Anggota
|
:
|
1.
Eliyarni
2.
Asna
3.
Fenny
4.
Nora
5.
Yusra
6.
Desmaniar
|
Peserta yang dilibatkan dalam pembangunan PSB ini
adalah para komite sekolah dan orang tua siswa atau masyarakat setempat.
BAB
VI
RENCANA
KEBUTUHAN PERALATAN DAN FASILITAS
Pusat sumber belajar yang didirikan kebutuhan peralatan dan fasilitas
yang disediakan nantinya adalah:
1. Bahan bangunan dengan anggaran biaya + Rp 61.852.000,-
2. Fasilitas buku dan media dengan anggaran biaya + Rp 60.000.000,-
BAB
VII
RENCANA
BIAYA DAN SUMBER DANA
1.
Rencana anggaran biaya (RAB)
MATERIAL
|
||||||||
NO
|
URAIAN
|
BANYAK
|
SATUAN
|
H. SATUAN
|
JUMLAH
|
|||
1
|
PASIR
|
50
|
kubik
|
120.000
|
6000000
|
|||
2
|
SEMEN
|
100
|
zak
|
57.000
|
5700000
|
|||
3
|
BATU BATA
|
3000
|
buah
|
1.000
|
3000000
|
|||
4
|
BESI 10’
|
10
|
batang
|
80.000
|
800000
|
|||
5
|
BESI 8’
|
26
|
batang
|
75.000
|
1950000
|
|||
6
|
BESI 6’
|
22
|
batang
|
73.000
|
1606000
|
|||
7
|
KAYU 5X10
|
6
|
kubik
|
1.600.000
|
9600000
|
|||
8
|
KAYU 8X15
|
3
|
kubik
|
1.600.000
|
4800000
|
|||
9
|
KAYU 6X15
|
3
|
kubik
|
1.600.000
|
4800000
|
|||
10
|
KAYU 4X6
|
6
|
kubik
|
1.600.000
|
9600000
|
|||
11
|
TRIPLEK 9’
|
20
|
lembar
|
60.000
|
1200000
|
|||
12
|
TRIPLEK 4’
|
7
|
lembar
|
60.000
|
420000
|
|||
13
|
ATAP
|
3
|
kodi
|
1.000.000
|
3000000
|
|||
14
|
LESPLANG
|
15
|
lembar
|
60.000
|
900000
|
|||
15
|
PAKU PANJANG 4. 3. 2,5. 2
|
12
|
kilo
|
12.000
|
144000
|
|||
16
|
PAKU ATAP
|
4
|
kilo
|
8.000
|
32000
|
|||
17
|
PERABUNG
|
20
|
lembar
|
50.000
|
1000000
|
|||
18
|
KAWAT
|
10
|
kilo
|
10.000
|
100000
|
|||
19
|
BOLA-BOLA
|
15
|
buah
|
60.000
|
900000
|
|||
20
|
EMBER
|
5
|
buah
|
8.000
|
40000
|
|||
21
|
ENSEL PINTU
|
1
|
kotak
|
80.000
|
80000
|
|||
22
|
BENANG
|
2
|
rol
|
15.000
|
30000
|
|||
23
|
KERAMIK
|
60
|
Kotak
|
100.000
|
6000000
|
|||
24
|
TEPUNG KERAMIK
|
15
|
Bungkus
|
10.000
|
150000
|
|||
JUMLAH
|
61852000
|
|||||||
UAPAH PEKERJA
|
||||||||
1
|
MINGGU PERTAMA
|
|||||||
TUKANG
|
1
|
ORANG
|
120.000
|
720000
|
||||
PEKERJA
|
5
|
ORANG
|
80.000
|
2400000
|
||||
2
|
MINGGU KEDUA
|
|||||||
TUKANG
|
3
|
ORANG
|
120.000
|
2160000
|
||||
PEKERJA
|
6
|
ORANG
|
80.000
|
2880000
|
||||
3
|
MINGGU KETIGA
|
|||||||
TUKANG
|
3
|
ORANG
|
120.000
|
2160000
|
||||
PEKERJA
|
6
|
ORANG
|
80.000
|
2880000
|
||||
4
|
MINGGU KEEMPAT
|
|||||||
TUKANG
|
3
|
ORANG
|
120.000
|
2160000
|
||||
PEKERJA
|
3
|
ORANG
|
80.000
|
1440000
|
||||
JUMLAH
|
16800000
|
|||||||
TOTAL RAB
|
||||||||
1
|
BELI MATERIAL
|
55702000
|
||||||
2
|
UPAH
|
16800000
|
||||||
TOTAL
|
72502000
|
|||||||
Biaya Pengadaan dan rak
penyimpan buku
NO
|
URAIAN
|
BIAYA
|
1
|
Beli buku
|
15.000.000
|
2
|
Beli rak penyimpanan
buku
|
15.000.000
|
3
|
Media komputer
|
30.000.000
|
Jumlah
|
60.000.000
|
Total dana yang
dibutuhkan adalah Rp
121.852.000,- (seratus
dua puluh satu juta delapan ratus lima puluh dua ribu rupiah)
2.
Sumber dana
Adapun
dalam pembuatan PSB ini bantuan dana diperoleh daai:
a.
pemerintah Dinas Pendidikan Kabupaten
Dan Provinsi
b.
pemerintah nagari batu basa melalui APBN
c.
partisipasi anggota DPR-RI, DPRD Prov.
Sumbar , dan DPRD Kabupaten Tanah Datar
d.
Perantau Nagari Batu Basa
e.
Masyarakat/Orang Tua Siswa
BAB
X
PENUTUP
Demikianlah proposal pusat sunber belajar ini
dibuat, dengan harapan dapat terlaksna secepatnya menuntut tujuan kurikulum
2013. Atas bantuan dan kerjasma Bapak/Ibu berikan kami ucapkan terima kasih.
Mengetahui,
Kepala sekolah
SD N 07 Koto baru
Suhartini, A.Ma.Pd
Nip. 19641102
198510 2 003
|
Kotobaru,
......Desember 2014
Pelaksa
kegiatan,
|
Menyetujui;
Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten Tanah Datar
Indra kesuma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar